Hello world!
May 11, 2018
Cara Mudah Cek dan Bayar Tagihan Telkom, Cari Tahu Caranya, Yuk!
November 5, 2018

7 cara menghemat listrik rumah tangga

Listrik saat ini merupakan kebutuhan primer dalam kehidupan sehari-hari. Banyaknya penggunaan alat-alat yang menggunakan listrik, menjadikan listrik sebagai sumber daya terpenting dan menjadikan listrik sebagaik kebutuhan utama yang harus di penuhi. Untuk memenuhi kebutuhan listrik diperlukan biaya yang dihitung berdasarkan penggunaan daya setiap bulannya.

Tagihan listrik bisa jadi murah atau bahkan membengkak menjadi sangat mahal tergantung dari penggunaan listrik tersebut. Anda mungkin pernah merasa hemat dalam menggunakan listrik, tetapi saat membayar tagihan atau mengisi ulang pulsa listrik ternyata tagihan anda membengkak atau pulsa listrik anda cepat habis, sehingga anda harus menguluarkan biaya lebih.

Adakah cara untuk menghemat listrik dengan cara praktis?

Berikut 7 cara menghemat listrik rumah tangga

  1. Nyalakan listrik seperlunya

Sebagian besar orang kadang menyalakan alat-alat listrik meskipun tidak digunakan misal tv yang dinyalakan sampai dengan tertidur, atau kadang hanya dinyalakan tetapi tidak untuk ditonton. Menyalakan air panas pada dispenser padahal jarang meminum yang panas dan masih banyak lagi.

Tanpa disadar, alat listrik yang terus menyala ini akan membuat tagihan Anda menjadi membengkak. Solusinya matikan alat ketika tidak digunakan. Cabut stop kontak atau saklar alat listrik, karena alat listrik yang terhubung pada stop kontak walaupun di matikan akan tetap menggunakan daya.

  1. Matikan Lampu di Jam Tertentu

Matikan lampu pada siang hari akan menghemat listrik, karena kita bisa mengadalkan sinar matahari sebagai penerangan. Oleh karena itu nyalakan lampu pada malam hari saja dan jangan lupa untuk mematikan saat siang hari. Jika rumah Anda terasa gelap di siang hari, cobalah untuk menggunakan atap yang transparan. Ikuti gerakan mematikan 2 lampu di pukul 17.00 – 22.00. Gerakan ini dapat menghemat pemakaian listrik dan tagihan bulanan Anda pun jadi lebih kecil.

  1. Gunakan AC Seperlunya

AC merupakan salah satu alat elektronik yang menggunakan daya besar dan sangat mempengaruhi besaran tagihan listrik. Penggunaan AC secara tepat akan dapat menghemat tgihan listrik. Hindari mengatur AC dengan suhu terkecil karena hal ini dapat membuat tagihan listrik Anda membludak. Matikan AC jika sudah tidak digunakan. Gunakan timer agar AC mati secara otomatis saat suhu di dalam ruangan sudah cukup sejuk.

  1. Pakai Setrika dengan Pengatur Panas Otomatis

Setrika adalah salah satu peralatan elektronik dalam rumah tangga yang ukurannya sangat kecil. Namun, siapa sangka jika setrika ini membutuhkan daya listrik yang besar, bahkan lebih besar dari televisi dan peralatan elektronik yang lainnya.

Nah, salah satu cara menghemat listrik selanjutnya adalah dengan menggunakan setrika yang memiliki pengatur panas otomatis. Setrika jenis ini akan mati dengan sendirinya jika suhu panasnya sudah cukup tinggi. Selain itu, sesuaikan juga panas yang digunakan dengan bahan pakaian yang Anda setrika.

  1. Jangan menghidupkan alat pemanas nasi terus menerus

Punya magic com atau magic jar? Mungkin setelah nasi matang alat tersebut akan langsung beralih ke mode penghangat nasi. Secara otomatis alat tersebut akan terus menghangatkan nasi. Nah, cara seperti ini sebenarnya adalah bentuk pemborosan listrik.

Jika Anda ingin melakukan cara menghemat listrik yang benar sebaiknya matikan alat pemanas nasi ketika tidak dipakai. Nyalakan saja beberapa menit sebelum makan untuk menghangatkan nasi. Dengan demikian Anda tetap bisa menikmati nasi yang hangat tanpa perlu menyalakan magic com atau magic jar terus menerus.

  1. Matikan Alat Elektronik Sebelum Tidur

Kadang kita lupa mematikan alat elektronik seperti TV saat tidur dan bisa berdampak meningkatnya tagihan listrik bulanan. Oleh karena itu matikan alat elektronik yang tidak diperlukan dan lampu yang yang tidak perlu akan sangat membantu menghemat penggunaan listrik rumah Anda

  1. Ganti Lampu LED

Teknologi lampu LED saat ini mampu membuat penerangan lebih terang tapi tetap hemat energy. Hanya saja lampu LED memiliki harga lebih mahal tetapi memiliki ketahanan yang lebih tinggi dari pada lampu biasa. Dengan menggunakan lampu LED anda membayar lebih mahal di awal tetapi akan lebih murah saat membayar tagihan dan life time LED yang lebih tahan lama.

Jadi penggunaan listrik yang bijaksana dan tepat guna akan menghemat tagihan listrik bulanan anda. Kini anda dapat membayar tagihan listrik anda dengan mudah, yaitu dengan menggunakan aplikasi KOIN.

Aplikasi KOIN bisa di download di kioskoin.id atau di PlayStore untuk android kesanyangan anda. Caranya puny cukup mudah hanya tinggal Download aplikasi, Registrasi, Deposit dan anda bisa mulai membayar tagihan listrik anda. Tidak hanya listrik dengan KOIN anda juga bisa membayar tagihan-tagihan lain seperti Pulsa, PDAM, TV Berbayar, Pajak Kendaraan bahkan anda bisa menyalurkan zakat dan shodakoh dengan menggunakan KOIN.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *